Label

Selasa, 30 Agustus 2011

Spesialnya Ramadhan I



Allahu Akbar.. Allahu Akbar.. Allahu Akbar. Laailahaillallah huwallahu akbar. Allahu akbar walillah ilham


Alhamdulillah malam ini masih dianugerahi nikmat sangat luar biasa buat menikmati “euforia” yang juga luar biasa dalam menyambut hari raya umat Islam, Idul Fitri 1432 H. Rasanya damai mendengar takbir bersahut-sahutan. Mulai dari mesjid deket rumah yang jaraknya kurang dari lima puluh meter sampai mesjid entah di mana yang suara takbirnya cuma terdengar sayup-sayup. ‘Pembagian suara’nya sempurna sampai menciptakan ‘seni’ yang luar biasa indah untuk dinikmati (ga cuma didengar, pun diresapi maknanya)


Saya masih bingung setiap lebaran idul fitri tiba. Harus seneng atau sedih?  Walaupun keduanya muncul, saya ga tahu mana yang lebih dominan. Yang pasti, saya sangat suka atmosfer selama menjalani bulan Ramadhan dan suasana takbiran seperti malam ini, menikmati lantunan takbir sampai esok hari. Ini waktu yang tepat untuk flashback sebulan ke belakang. Udah ngapain aja sih? Apa kabar targetan-targetan Ramadhan? Lebih banyak waktu tidur atau tilawah? Lebih milih nonton tv atau pergi ke mesjid buat tarawih? Seringkali instropeksi itu bikin nyesek. Ceritanya sih menyesali kesia-siaan, tapi kalau tanpa usaha memperbaiki sih apa gunanya? Udah nyesek terus nonsense. Astagfirullah…


Semenjak saya masih kecil, mungkin tahun-tahun pertama belajar shaum di bulan Ramadhan, atau bahkan baru belajar shaum setengah atau seperempat hari, Ramadhan selalu terasa spesial. Tentunya ga lepas dari rasa spesial secara duniawi. Tapi ternyata seiring pendewasaan diri, pemahaman tentang ‘spesialnya bulan Ramadhan’ terus bermetamorfosis menjadi lebih bermakna, lebih hakiki.


Waktu saya masih TK dan mungkin SD, yang membuat Ramadhan jadi spesial adalah kue lebaran, baju baru, dan THR hasil kerja keras nahan lapar dan haus sampai adzan dzuhur atau ashar. Setiap hari, saya dengan semangat melingkari angka di kertas ‘Jadwal Imsakiyah’ kalau ‘tamat’ shaum di hari itu (ukuran tamatnya masih sebatas adzan dzuhur atau ashar). Di hari-hari terakhir Ramadhan, saya ngitung jumlah lingkarannya terus dikali Rp 2000,-. Kalau dipikir-pikir, tega juga ya shaum Ramadhan dianggap seharga dengan dua ribu rupiah? (Namanya juga anak kecil..) Iming-iming baju baru dan kue lebaran juga ga kalah menarik dibanding ‘gaji’ dua ribu per hari. Intinya, tujuan Ramadhan saat itu masih sangat sangat duniawi sekali.


Naik tingkat saat saya SD (kelas 5,6 mungkin) dan SMP. Kadar ‘spesial’ yang saya dapet setidaknya lebih baik dari sebelumnya. Ramadhan kali itu ga cuma (berarti masih) buat dapet angpau, baju baru, dan rame-ramean bikin kue lebaran aja, tapi karena jadwal sekolah lebih singkat dari biasanya (waktu masih kecil belum terlalu ngerti bahagianya pulang sekolah cepet). Selain itu, Ramadhan terasa ‘beda’ dari hari-hari yang lain karena ada program pesantren kilat di luar jam KBM. Ga tau kenapa saya seneng aja ikut pesantren kilat, mungkin karena dapet agenda ‘ngabuburit’ yang menyenangkan. Bada ashar pergi ke mesjid agung, baru pulang menjelang magrib terus langsung buka puasa. Karena rumah saya deket dari mesjid agung jadi pulang-pergi pesantren bisa jalan kaki, lumayan lah sambil liat orang-orang yang ngabuburit di jalan raya sampai distro-distro. Satu hal lagi yang (mungkin) bikin saya semangat pesantren kilat. Di akhir kegiatan pesantren, ada evaluasi kaya quiz yang pertanyaannya dari materi selama kegiatan pesantren. Teknisnya kaya pertanyaan rebutan. Panitia bertanya, peserta rebutan ngacung. Yang jawabannya bener biasanya dikasih hadiah, angpau (lagi-lagi motivasinya angpau. Maafkan hamba Ya Rabb). Tapi angpau yang ini beda ‘rasanya’ dari ‘gaji puasa’. Ada kepuasan luar biasa kalau bisa dapet. Bayangin, peserta pesantren bisa sampai ratusan, ga dibedain siapa anak kelas VII dan siapa anak kelas IX. Apalagi sebelumnya kaka saya pernah jadi orang hebat yang beruntung bisa dapet angpau quiz, gimana saya engga terpacu dan semangat coba? Dan Alhamdulillah akhirnya saya merasakan ngejawab pertanyaan dan dapet angpau quiz. Berkah Ramadhan… Hehehe



Bandung, kamar, 1:06 am (backsound: takbir yang mendamaikan ^^) 
(bersambung..)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar