Label

Jumat, 14 Desember 2012

DENDRITE Goes to Hima HI Unpad

Tanggal              : 14 Desember 2012
Tempat              : Kantin FISIP Unpad
Nara Sumber     : Kang Wan Muhammad Iqbal - 2010
Jabatan              : Ketua Himpunan Hubungan Internasional (HI) 2013

Hasil Wawancara:
§  Struktur Hima:
-          Hima terdiri dari ketua yang memiliki dua orang wakil ketua. Wakil ketua 1 berfungsi untuk membantu kerja ketua Hima dalam memantau kinerja departemen-departemen (membagi kerja dengan ketua), sedangkan Wakil Ketua 2 berfungsi sebagai controlling biro.
-          Di bawahnya, terdapat tiga orang sekretaris yaitu seorang kepala sekretaris, asisten sekretaris 1, dan asisten sekretaris 2. Dan untuk pengaturan keuangan terdapat tiga orang financial biro yang pembagiannya sama seperti sekretaris.
-          Hima HI memiliki 8 departemen yaitu:
1.    Art
2.    Sport
3.    Social
4.    Research
5.    Infokom
6.    Eksternal
7.    HRD
8.    Marketing
-          Hima berada di bawah BEM. Perbedaannya, Hima lebih concern ke masalah akademik daripada minat bakat sedangkan BEM sebaliknya. Dan kegiatan-kegiatan Hima lebih bersifat keluar dibandingkan BEM.

§  Kaderisasi
Syarat untuk menjadi pengurus Hima yaitu memiliki sertifikat ospek fakultas (yang dilaksanakan sekitar 1 bulan). Sertifikat ospek yang merupakan bukti keanggotaan Hima sangat penting termasuk untuk skripsi. Untuk menjadi pengurus Hima diadakan tahapan seleksi berupa seleksi berkas dan wawancara. Jumlah pengurus Hima disesuaikan dengan kebutuhan setiap departemen pada tahun kepengurusan tersebut.

§  Masalah
Permasalahan di Hima HI adalah adanya gap antar angkatan dan partisipasi mahasiswa untuk kegiatan akademis masih kurang jika dibandingkan dengan kegiatan lainnya seperti seni, olah raga, dll.

§  Pencapaian
-          Symphonesia 4
-          Padjadjaran MUN
-          GYC (Global Youth Championship). Kompetisi jurusan HI se-Bandung

§  Bidang akademik Hima HI
-          Depatemen yang mengurus masalah akademik mahasiswa adalah depertemen research. Kegiatan yang dilaksanakan diantaranya: mengumpulkan data skripsi senior sebagai referensi judul angkatan selanjutnya dan membuat catatan kuliah yang aka dishare ke mahasiswa lain. Selain itu bidang research pun melakukan kajian terhadap isu-isu yang ada
-          Capaian bidang akademik, selain melaksanakan Padjadjaran MAN pertama adalah dari sekitar 200 karya yang dikirimkan ke PKM, sekitar 7 karya lolos seleksi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar