Label

Senin, 03 Desember 2012

Kalimat Tanya Pamungkas


Hai Tik.. Apa kabar….. IMAN?     #jleb
                                                                                                                                                                                                                           
Satu pertanyaan yang selalu mengusik perasaan hati. Pertanyaan pamungkas yang tak kenal masa. Membuat hati menjadi ciut seperti keong yang ditaburi garam. Menjadi bergemuruh layaknya nyanyian angin Bahorok. Meluluh-lantahkan secuil rasa bangga yang sempat singgah. Apalagi untuk makhluk bernama “sombong”, ia bahkan sudah pertama kali dibumihanguskan.
Tidak ada yang salah dengan satu kalimat tanya ini. Kesalahan murni ada di sini *tunjuk diri sendiri*. Ia yang terlalu mudah terbuai dengan kebahagiaan fana yang melenakan. Tiba-tiba mengidap short-term memory disturbance jika baru saja bertekad membenahi diri (Naudzubillah..), atau bahkan diri kita sendiri yang enggan untuk keluar dari segala “kemudahan” dan “kebahagiaan” yang selama ini mengontrol gerak laku kita.
Tanyakan lagi pada hati. Apa yang menguasai diri di setiap waktu yang kita lalui? LI? Organisasi? Penghargaan dan jabatan? Atau mungkin sebatas hal remeh-temeh? Lalu kapankah waktu kita untuk mengingat-Nya? Di sela-sela waktu istirahat kuliah dan rapat? Di waktu senggang jika tidak ada agenda organisasi? Lalu dimanakah kita aplikasikan ayat ke-3 surat An-Naas yang bahkan telah kita hapal sejak TK? Ayat yang sudah tidak asing lagi karena (terlalu) sering dibaca berulang-ulang saat salat. Ayat yang memiliki arti bahwa “Allah adalah sembahan manusia”. Yang memiliki makna bahwa Allah lah yang seharusnya menguasai pikiran dan tingkah laku kita.
Lalu masihkah harus dipertanyakan tentang kabar IMAN? Karena tanya itu hanya menjadi sebuah retoris untuk hati kita yang paling tahu jawabannya.
Biarlah sesekali ia sakit jika sakitnya akan benar-benar menyembuhkan luka. Biarkan sesekali ia jatuh jika jatuhnya membawa ke sungai kehidupan yang lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar