Label

Jumat, 07 Desember 2012

Sejarah (Revitalisasi) Seksi Pendpro


Seksi Pendidikan dan Profesi SEMA FK Unpad merupakan salah satu seksi tertua di Senat. Mengusut sejarah awal pembentukan seksi ini cukup sulit karena saya pun tak terbayang harus mencari informasi sampai angkatan berapa. Mungkin hanya mesin waktu Doraemon yang bisa menjawabnya :D
Karena hambatan tersebut akhirnya saya hanya berhasil mendapat informasi dari alumni ketua Pendpro tahun 2007 yaitu dr. Fadli FK Unpad 2005 atau lebih akrab dipanggil dengan sebutan “kang”. Menurut informasi yang saya dapat dari Kang Fadli, bahkan beliau pun tidak tahu secara pasti kapan Pendpro pertama kali terbentuk. Akhirnya saya mendapat penjelasan mengenai proses revitalisasi Pendpro yang terjadi pada masa kepengurusan Kang Fadli.
Awalnya, keberadaan Pendpro di BEM (sebutan untuk Senat zaman dahulu) sangat tidak terasa bahkan bisa dikatakan mati suri. Tidak berjalannya proker-proker Pendpro dan pemberian nilai “D” dari penilaian BPM merupakan bukti nyatanya. Di kepengurusan BEM tahun 2007, Kang Fadli beserta staffnya yang hanya berjumlah 8 orang berusaha untuk membangun kembali dan memfungsikan lagi Pendpro di BEM sehingga membuahkan hasil yang luar biasa dengan lahirnya proker-proker baru yang banyak memberi manfaat.
Menurut Kang Fadli, modal kesuksesan revitalisasi Pendpro adalah keterlibatan mimpi dalam setiap pelaksanaan proker sehingga usaha-usaha dalam pelaksanaanya tidak dijadikan beban tetapi disertai semangat yang besar. Selain itu, modal lainnya adalah kemampuan untuk mengadaptasi proker-proker FK di Universitas lain. Kemampuan untuk menganalisis dan menyesuaikan dengan kondisi di FK Unpad akhirnya melahirkan proker-proker yang luar biasa. Salah satunya yaitu proker seminar nasional yang mengusung tema “Dokter Keluarga” sehingga akhirnya dimasukkan ke dalam kurikulum FK Unpad. Pencapaian-pencapaian luar biasa lainnya yaitu melakukan teleconference dengan Moore (penulis textbook-textbook kedokteran) saat melaksanakan seminar nasional.
Secara umum, tujuan Pendpro yaitu untuk memfasilitasi akademik mahasiswa FK Unpad serta mengembangkan ke luar FK dengan tujuan eksistensi FK Unpad dan sebagai pembelajaran untuk mahasiswa FK Unpad. Harapan ke depannya, Pendpro lebih inovatif untuk menciptakan proker-proker baru dan selalu memperhatikan aspek-aspek Tri Darma Perguruan Tinggi (pendidikan, penelitian, dan pengabdian) dalam setiap kegiatannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar